Lintah adalah ektoparasit hermafrodit dari kelas Hirudinea. Obat lintah yang paling umum digunakan adalah Hirudo medicinalis. Kelenjar ludah dikenal meningkatkan aliran darah, mengobati pembengkakan jaringan lunak, hematoma periorbital, telinga cauliflower, ecchymoses dan purpura fulminans. Mereka biasanya disediakan untuk kasus-kasus yang tidak sesuai dengan koreksi bedah seperti gumbo dan perubahan warna wajah.

Prosedur

Lintah diizinkan untuk memberi makan sampai mereka jatuh. Itu sekitar 15-120 menit rentang waktu. Luka terus mengalir karena aksi beberapa zat yang ada dalam ludah lintah. Lintah memiliki kemampuan untuk menelan 8-10 ml darah. Luka mengalir lebih jauh ke 50 ml darah lainnya dari ukuran gigitan. Tingkat keberhasilan diketahui 70-80% dari kasus yang diobati.

Tempatkan setetes darah di tempat yang diinginkan dari lampiran. Ini akan memudahkan aplikasi lintah. Lingkari situs dengan handuk bedah. Migrasi lintah harus diawasi dengan ketat.

Komplikasi:

Komplikasi terapi lintah biasanya berhubungan dengan infeksi luka dan pendarahan. Ini sering membutuhkan transfusi darah. Tingkat keberhasilan biasanya turun menjadi 30% dengan adanya infeksi klinis yang signifikan.

Imunosupresi atau insufisiensi arteri pada flap mempengaruhi pasien terhadap infeksi. Air liur lintah memiliki sifat antikoagulan. Gigitan lintah biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Gigitan mereka biasanya meninggalkan bekas luka berbentuk Y ke area tersebut. Risiko kecil infeksi atau alergi mungkin juga ada setelah perawatan.

Persiapan:

Bersihkan area kulit dengan saline normal. Penghalang dapat dibuat dengan spons kasa berukuran 4×4. Buat lubang di tengahnya. Lalu tancapkan dengan handuk. Transfer lintah harus dilakukan dengan menggunakan forceps dan dipandu ke tempat yang benar dari kulit. Terkadang Anda perlu menusuk kulit untuk mengambil darah. Lintah kemudian akan menunjukkan minat dan mulai memberi makan.

Apa yang menyebabkan infeksi?

Lintah akan lepas sendiri ketika penuh. Jika Anda menariknya, bagian mulut lintah mungkin tertinggal di luka dan menyebabkan infeksi.

Bagaimana cara membuang lintah?

Lintah yang terlepas kemudian ditempatkan dalam cangkir yang ditutupi alkohol dan dibuang dalam wadah biohazard yang sesuai.
Hematokrit dan penampilan kulit harus dipantau. Pastikan bahwa tidak kehilangan banyak darah dan bagian tubuh yang disambungkan menjaga sirkulasi yang baik.

Peringatan: Jangan pernah melakukan ini sendirian di rumah. Cobalah mencari bantuan seorang profesional yang ahli dalam terapi lintah. Ada begitu banyak yang dipertaruhkan selama perawatan. Anda harus berkoordinasi dengan dokter Anda juga tentang terapi.