Setiap tahun selama musim liburan, TV, radio, surat kabar dan lainnya berbicara banyak tentang bahaya mengemudi dalam keadaan mabuk dan mengingatkan kita untuk berhati-hati. Polisi ekstra berada di jalan-jalan dan banyak kota mendirikan pos-pos pemeriksaan ketenangan untuk menangkap pengemudi mabuk di malam hari ketika ada kemungkinan akan ada lebih banyak pihak.

Fokus ekstra ini mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas yang berhubungan dengan alkohol dan membuat kita semua lebih aman di jalan selama liburan. Pengemudi mabuk bukan satu-satunya bahaya di jalan selama liburan. Sementara sebagian besar dari kita tidak akan pernah bermimpi berada di belakang kemudi, kita masih bisa menciptakan bahaya serius tanpa memikirkannya.

Kegilaan liburan

Menyulap tanggung jawab normal dengan belanja, pesta, dan acara ekstra sekolah dapat membuat pengemudi yang biasanya aman menjadi kecelakaan harfiah. Bahkan jika Anda selalu tenang dan terkumpul, ingat bahwa pengemudi lain mungkin lebih tegang daripada biasanya dan mengambil tindakan pencegahan ini.

* Bersikaplah ekstra sabar dan berikan tunjangan bagi orang lain dan kesalahan yang mereka buat. Jangan lupa untuk memperhatikan pejalan kaki serta pengemudi lainnya.

* Cobalah untuk menjaga perhatian Anda pada apa yang Anda lakukan. Bukan hanya karena mereka membuat Anda melakukan kesalahan, tetapi ponsel, makan, dan gangguan lain membuat Anda tidak memperhatikan orang lain dan kesalahan konyol yang bisa mereka buat.

* Sangat berhati-hati di tempat parkir yang penuh sesak dengan mobil dan pejalan kaki pada saat ini. Ambil sedikit lebih lambat dari biasanya untuk menghindari benders fender atau lebih buruk.

* Catat emosi Anda dan pertimbangkan untuk beristirahat jika Anda terlalu stres, jengkel atau emosional. Dapatkan secangkir kopi atau teh dan bersantai selama 10 menit sebelum Anda kembali ke hiruk-pikuk.

Kelelahan Liburan

Bahaya lain yang sering terlupakan, tetapi juga masalah besar selama masa sibuk tahun ini, mengemudi sambil mengantuk. Tertidur di kemudi jelas merupakan hasil yang paling berbahaya, tetapi pengemudi yang lelah juga cenderung lebih mudah tersinggung dan tidak sabar.

Tahun ini seperti biasa tidak akan ada keraguan banyak orang yang meninggalkan pekerjaan pada hari Jumat dan memulai perjalanan jarak jauh untuk bersama keluarga atau teman. Pelajar yang liburannya dimulai setelah kelas pada hari Jumat mungkin juga pulang ke rumah.

Berikut ini beberapa rekomendasi yang harus Anda pertimbangkan dan berikan kepada anggota keluarga dan teman-teman yang mungkin bepergian dengan mobil selama liburan:

* Jangan memulai perjalanan Anda lelah. Waspadai risikonya jika Anda bangun lebih awal dari biasanya untuk memulai perjalanan Anda atau berangkat langsung dari kantor atau sekolah ketika Anda lelah.

* Rencanakan perjalanan Anda untuk memasukkan jeda 15 menit setiap dua jam.

* Pastikan bahwa Anda dan semua orang di perjalanan Anda membawa informasi kontak darurat dan identifikasi yang valid.

* Bagikan mengemudi jika memungkinkan. Pakar keamanan merekomendasikan untuk mematikan setiap tiga jam.

* Anda terlalu lelah untuk mengemudi jika Anda mulai melayang dari jalur Anda, menabrak garis-garis bergemuruh, menguap berulang kali, mengalami kesulitan untuk fokus atau menjaga mata Anda tetap terbuka, tanda-tanda jalan yang hilang, atau tailgating.

Mampir ke tempat yang aman sesegera mungkin, minum minuman kafein tinggi dan tidur siang 15 menit.